PENTING !!! JAGA MENTAL ANDA AGAR TETAP SEHAT

Menurut WHO, kesehatan mental diartikan sebagai keadaan dimana individu merasa sejahtera. Kesehatan mental yang baik ditandai dengan :
  1. Kemampuan individu mengetahui potensinya dan memaksimalkan potensi tersebut
  2. Kemampuan individu mengatasi situasi menekan yang dihadapinya
  3. Kemampuan individu untuk bekerja secara produktif dan bermanfaat di tempat kerja, keluarga, komunitas, dan diantara teman. 
Jaga Mental Agar Tetap Sehat

Kesehatan mental bisa berdampak terhadap psikologi individu. Masalah yang bertubi-tubi bisa merusak kesehatan mental yang pada akhirnya psikologis atau kejiwaan akan menjadi terguncang. Kesehatan mental sama halnya dengan kesehatan fisik, harus sama-sama dijaga. Malahan mental yang sakit bisa membuat fisik ikut-ikutan sakit.

Didalam menjalani kehidupan, ada kalanya kita merasa tertekan, sedih atau merasa takut. Hal tersebut terjadi ketika kita mendapat suatu masalah. Dan akan hilang dengan sendirinya ketika masalah tersebut dapat kita atasi. Namun ada pada sebagian orang, perasaan itu malah berkembang menjadi masalah yang serius. 

Kesehatan mental yang kita miliki tidak selalu sama. Dapat berubah karena suatu kondisi dan keadaan lingkungan yang berubah. Dengan adanya perubahan tersebut , maka diharapkan agar kita mampu menjaga kesehatan mental agar tetap baik. 

Cara praktis yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental menurut psikologikita.com :

1. Menerima dan Menghargai Diri Sendiri

Setiap individu yang dicipatakn oleh tuhan adalah unik. Setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada manusia yang sempurna, semua memiliki keterbatasan. Hargai apa yang ada pada diri kita, terima kekurangan dan fokus pada hal-hal yang menjadi kelebihan kita. Bersikap lebih realistis, jika ada hal yang perlu diubah, ubahlah secara perlahan.

2. Menjaga Hubungan Baik

Hubungan keluarga dan teman yang baik dapat membantu mengatasi tekanan dalam hidup karena dapat memberikan masukan serta membuat kita merasa diperhatikan. Tetap selalu menjaga hubungan baik dengan selalu bertukar kabar lewat telepon, bertemu, dan saling bercerita.

3. Aktif Berkegiatan

Usahakan agar selalu beraktifitas, aktiflah berinteraksi dengan banyak orang. Masuk ke dalam suatu komunitas, atur pertemuan dengan teman-teman atau ikuti kursus apapun. Ikuti suatu kegiatan yang bertujuan membantu orang lain  juga dapat membuat kita merasa dibutuhkan dan menjadi semakin berharga. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri, serta membatu kita melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. 

4. Bercerita Kepada Orang Lain

Menceritakan suatu masalah yang kita hadapi kepada orang lain bukan menandakan bahwa kita lemah, tetapi sebagai upaya agar mental kita tetap dalam keadaan baik. Didengarkan oleh orang lain membuat kita merasa didukung dan tidak sendirian. Carilah orang yang bisa diajak bicara dengan santai dan keluarkan unek-unek yang ada dikepala anda.

5. Aktif Bergerak

Latihan pada badan dipercaya dapat mengeluarkan senyawa kimiawi didalam otak yang membuat kita merasa lebih baik. Bergerak tidak harus dengan berolahraga, namun dapat dilakukan dengan kegiatan lain seperti berjalan di taman, berkebun, dan melakukan pekerjaan rumah tangga. Lakukan minimal selama 30 menit, 3 - 5 kali seminggu.

6. Lakukan Kegiatan yang Dikuasai

Melakukan kegiatan yang kita sukai dan minati dapat membantu mengatasi tekanan. Berkebun, memasak, melukis, bermain musik, berolahraga, merupakan contoh aktivitas yang dapat membantu kita mengekspresikan diri. 

7. Istirahat

Jika terlalu banyak kegiatan ternyata membuat kita tertekan, maka carilah waktu untuk beristirahat dan bersantai. Jika tubuh terasa sangat lelah, berikan waktu untuk tidur. Menggunakan waktu 10 menit untuk istirahat dalam satu hari yang sibuk akan membantu kita mengatasi tekanan dengan lebih baik.

8. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Otak kita membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik, sama halnya dengan organ tubuh yang lain. Melakukan diet yang seimbang dapat membantu kesehatan mental kita karena dapat membantu cara berfikir dan cara kita merasakan sesuatu. Cobalah untuk mengkonsumsi 5 porsi buah-buahan dan sayuran setiap hari dan perbanyak minum air putih. Hindari makan, minuman beralkohol, rokok, menggunakan obat-obatan terlarang untuk menyelesaikan masalah atau mengatasi perasaan tidak menyenangkan yang kita alami. Hal seperti itu tidak akan menyelesaikan masalah, malah akan menimbulkan permasalahan baru.

9. Minta Bantuan

Terkadang kita merasa kewalahan dalam menghadapi suatu masalah yang terjadi. Saat masalah yang terjadi sudah berlebihan, mintalah bantuan kepada orang lain. Keluarga atau sahabat adalah orang terdekat yang dapat mendengarkan masalah anda. Mintalah bantuan kepada mereka untuk menyelesaikan permasalahan yang anda hadapi. 


Selain hal yang sudah dijabarkan diatas, mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah jalan yang paling baik. Tidak ada zat yang lebih baik dariNya dalam menyelesaikan suatu perkara.