MENGAPA PANDA BERWARNA HITAM PUTIH, INI DIA JAWABANNYA


Senyum Lebar - Mengapa panda warnanya hitam putih ?

Bukankah panda masih satu spesies dengan beruang. Tapi mengapa warnanya berbeda.

Selama beberapa dekade para ilmuwan menghindari pertanyaan soal warna panda. Mengapa hewan sejenis beruang itu memiliki warna hitam putih, tak seperti spesies beruang lainnya. Beberapa ilmuwan kini telah menemukan jawabannya bahwa warna panda berhubungan dengan lingkungan tempat mereka hidup. 

Para peneliti mengatakan mereka harus mendekonstruksinya menjadi beberapa bagian.

“ Kami membuat terobosan dengan membagi tubuh panda menjadi beberapa area yang berbeda. Bagian bahunya, kakinya, punggungnya, bokongnya, dan tidak memberlakukan panda sebagai seekor binatang yang utuh, tapi perlakukan seperti konstelasi bagian yang berbeda ” , ucap Tim Caro (Wildlife Biologist, UC Davis).

Bagian yang berbeda ini membuat para ilmuwan melihat adanya ‘asosiasi arkeologi’ ketika dibandingkan dengan beruang lainnya.

Kesimpulannya, pola makan yang buruk, kebutuhannya untuk makan bambu, adalah alasan utama mengapa bulunya berwarna hitam dan putih. Bulu putihnya untuk berkamuflae dengan gunung bersalju, sementara bulu hitamnya menyamarkan dirinya di area hutan. Keduanya merupakan lingkungan tempat mereka berburu bambu.

Para peneliti juga meyakini, lingkaran hitam di sekitar mata panda mungkin merupakan cara mereka berkomunikasi dengan panda lainnya. Sementara bulu hitam ditelinya mungkin merupakan alat untuk mencegah ancaman dari predator.

Para biologist mengatakan evolusi panda tidak sempurna, membuat mereka tidak bisa berkamuflase secara sempurna sambil terus mencari tanaman yang tidak pernah benar-benar memenuhi perut mereka. 

Disadur dari CNN Indonesia