GOOGLE DOODLE HARI INI MUNCULKAN SOSOK AFANDI

Senyum Lebar - Afandi merupakan seorang maestro lukis kebanggaan indonesia. Lahir dengan nama lengkap Afandi Koesoema pada tahun 1907 di Cirebon, Jawa Barat. Afandi dikenal sebagai maestro seni lukis dengan gaya abstrak dan romantisme. Sebelum menggeluti dunia lukis, Affandi pernah menggeluti berbagai macam bidang pekerjaan, salah satunya menggambar papan iklan.

Afandi kerap menyimpan sisa cat dari tempat kerjanya dan menggunakannya untuk mengembangkan sendiri bakat melukisnya. Belajar sendiri secara otodidak, dia giat meniru karya seni yang dia lihat dari sejumlah majalah impor dari london. 





Affandi meninggal pada tahun 1990 dengan usia 83 tahun. Sepanjang hidupnya, ia telah menciptakan kurang lebih 2000 karya. Karya-karyanya telah dipamerkan di berbagai belahan dunia, seperti Inggris, Amsterdan dan India. 

Ia juga pernah mendapatkan beberapa penghargaan, di antaranya hadiah perdamaian dari Internatioanl Dag Hammershjoeld, penghargaan Bintang Jasa Utama yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia, diangkat menjadi Anggota Dewan Penyantun ISI (Institut Seni Indonesia). 

Pada tahun 1976, Prix International Dag Hammerscjoeld menerbitkan sebuah buku kenang-kenangan tentang Affandi. Buku setebal 189 halaman lebih itu diterbitkan dalam 4 bahasa, yaitu bahasa Inggris, Belanda, Perancis dan Indonesia. 

Pada hari ini, Google mengenang 110 tahun Afandi dengan menampilkan Google Doodle dengan gaya sapuan khas Afandi. Garis-garisnya, menyerupai Afandi. Warna-warne paletnya juga serupa dengan yang biasa afandi gunakan dalam berbagai lukisannya. Selamat ulang tahun Afandi, ucap Google Doodle hari ini.


Disamping itu, secara global Google Doodle juga merayakan Hari Buruh International 2017. Hari buruh dicanangkan guna memperingati momen penting pada 1886. Kala itu, ribuan pekerja di Amerika Serikat berunjuk rasa di berbagai negara bagian menuntut penerapan 8 jam kerja per hari. Perayaannya kemudian menyebar seiring waktu. Dibeberapa negara, seperti Amerika dan Kanada, hari buruh juga diperingati setiap bulan September. 

" Letakkan peralatan kerjamu, tutup laptopmu, dan bersantailah di Hari Buruh 2017 ini ". Demikian pernyataan Google.