5 MACAM TIPE TEMAN YANG SEBAIKNYA DIHINDARI

Senyum Lebar - Memiliki teman sangatlah penting dalam hidup ini, namun kita juga harus waspada saat memilih teman. Teman dapat mempengaruhi hidup kita. Jika teman itu baik maka akan berpengaruh positif. Tapi jika teman itu buruk maka akan membawa keburukan pula.




Berikut ini adalah 5 macam teman yang harus dihindari:

1. Fasiq (ahli maksiat)

Seseorang yang sering melakukan maksiat maka ia akan dengan mudah memengaruhi orang-orang di sekitarnya untuk berbuat maksiat juga. Banyak hal yang bisa dilakukannya agar kita ikut dengannya, seperti memberikan sogokan. Awalnya, ia hanya menunjukkan perbuatan maksiat itu, dan kemudian mengiming-imingi kita dengan kenikmatan sesaat. Apabila keimaman kita tidak kuat maka kita akan terjerumus dengan mudah.

2. Pembohong

Berteman dengan seorang pembohong sangatlah berbahaya, bahkan dikatakan ia adalah fatamorgana. Ia bisa mendekatkan yang jauh dari kita dan menjauhkan yang dekat dari kita. Mereka sangat pandai dalam berbohong sehingga kita sulit untuk mengetahui kebenaran yang ada. Jika kita sudah menaruh kepercayaan pada teman pembohong itu maka kebenaran sudah tertutup dari mata kita. Dengan mudah kita bisa terjerumus dalam lembah kemaksiatan dan menganggap kebohongan menjadi kebenaran.

3. Orang yang kikir (bakhil)

Mungkin banyak orang yang lebih suka berteman dengan orang yang berharta karena mereka menganggap bahwa saat mereka memerlukan bantuan temannya akan membantunya. Padahal, ada beberapa orang kaya yang memiliki sikap kikir. Ia enggan untuk mengeluarkan hartanya untuk membantu saudara, teman, apalagi untuk sedekah. Meskipun hartanya sangatlah banyak tidak lantas membuatnya ingin berbagi. Bahkan, kita bisa terjerumuskan dengan harta yang dimilikinya itu, seperti ia meminta kita melakukan perbuatan dosa barulah ia akan meminjamkan uangnya pada kita.

4. Orang yang memutus silaturahmi

Dalam Islam kita diajarkan untuk selalu memperbanyak silaturahmi kepada siapa saja karena banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika memiliki tali silaturahmi yang banyak dan kuat. Namun, jika teman kita merupakan orang yang memutuskan silaturahmi maka jauhilah dia. Apapun masalah yang sedang terjadi, tidak benar jika kita memutuskan silaturahmi karena Allah membenci perbuatan itu. Ada baiknya jika kita menyelesaikan masalah dengan baik-baik sehingga tidak memutus hubungan antarsesama muslim.

5. Orang dungu

Orang dungu yang tidak sadar atas kedunguannya itulah yang akan memberikan efek negatif dalam hidup kita. Biasanya, orang dungu seperti ini, mereka ingin memberikan banyak manfaat bagi kita tapi mereka justru menyusahkan. Mereka menganggap dirinya tahu atau bisa melakukan sesuatu padahal tidak. Jika kita memiliki teman yang seperti ini dan percaya padanya, maka hidup kita akan kacau sendiri karena telah percaya pada orang yang tidak memiliki kemampuan.

Berdasarkan penjelasan larangan jangan berteman dengan 5 jenis orang ini, kita dianjurkan untuk lebih berhati-hati dalam memilih pergaulan. Di zaman yang sekarang ini, banyak teman dengan berbagai tipu muslihatnya yang dapat menjerumuskan kita. Meskipun demikian, janganlah kita berburuk sangka terhadap mereka. Berdoalah kepada Allah SWT agar dijauhkan dari kelima orang di atas maka Allah akan menjauhkan dengan sendirinya.