TRAGIS, NASIB BARCELONA JIKA CATALAN MERDEKA DAN PISAH DARI SPANYOL

Barcelona merupakan sebuah kota yang terletak di propinsi Catalan negara Spanyol sekaligus ibukota dari propinsi tersebut. Satu hal yang membuat kota ini sangat terkenal adalah club sepakbola nya yang sudah mendunia, Barcelona FC.

Kondisi politik di Spanyol sedang memanas akibat adanya pemungutan suara yang di adakan oleh pemerintah Catalan. Pemungutan suara ini merupakan upaya yang dilakukan Catalan untuk memerdekan diri dari Spanyol.

Suporter Barcelona mengibarkan bendera Catalan 
Jika Catalan akan merdeka, bagaimana dengan nasib Barcelona?

Seperti yang kita ketahui, Barccelona merupakan club papan atas yang berjuang di divisi utama liga Spanyol bersama dengan club Espanyol dan Gorina. Apakah club-club tersebut akan hengkang dan bermain di liga lain?

Berikut nasib Barcelona jika Catalan keluar dari Spanyol dan membentuk negara Catalan merdeka.

1. Terusir dari La Liga ?

Dengan adanya pemisahan diri dari negara Spanyol, kemungkinan Barcelona akan keluar dari La Liga dan akan tergabung dalam liga Catalan. Namun bisa saja tidak terjadi, presiden La Liga, Javier Tebas meyatakan Barca bisa saja tetap bertahan di La Liga walau Catalan telah merdeka.

2. Tidak bisa bermain di liga Champion ?

Barcelona tidak bisa bermain di liga Champion jika Barcelona bermain di liga Catalan. Hal ini terjadi karena kompetisi tersebut akan dilihat sebagai liga baru di mata UEFA, sehingga nilai koefisien mereka harus dimulai dari awal yang akan mempengaruhi jatah untuk tampil di kompetisi seperti liga Champion dan liga Europe.

Bisa saja Barcelona tampil bermain di liga negara lain, seperti yang dilakukan AS Monaco di liga 1 Prancis dan Swansea City di Liga Primer Inggris yang merupakan club dari Wales. Namun hal itu akan melalui proses birokrasi yang panjang sebelum bisa mewujudkannya.

3. Pemain Top akan pergi

Kemungkinan perginya pemain-pemain top seperti Lionel Messi dan yang lainnya akan terjadi. Mengingat tidak masuknya Barcelona ke dalam jajaran club top papan atas eropa. Hal ini akan menjadi alasan kuat bagi mereka untuk meninggalkan club dan bergabung ke dalam club lain.

Demikian lah analisis terhadap nasib Barcelona jika Catalonia merdeka dan berpisah dari Spanyol. Analisis ini dirangkum dari situs goal.com.